PROFIL SEKOLAH

PROFIL SEKOLAH

1.       Nama Sekolah                                 :   SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG
Alamat (Jalan/Kec./Kab/Kota)       :   Jl. P.J. Sudirman VII/1, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung
No. Telepon / Faksimile                 :   (0355) 322149 / (0355) 322149
E-Mail                                                :   smkpgri1tulungagung@gmail.com
2.       Nama Yayasan                                :   PPLP Dasmen PGRI
Alamat Yayasan & No. Telepon   :   Jl. Jayeng Kusuma No. 410 Tulungagung
3.       Nama Kepala Sekolah                   :   Drs. MURPRIONO, MM.
No. Telepon / HP                             :   326044 / 081556457314
4.       Kategori Sekolah                             :   SBI / SSN / Rintisan SSN *)
5.       Tahun didirikan / Th. Beroperasi :   1984 / 1984
6.       Kepemilikan Tanah / Bangunan  :   Milik Pemerintah / Yayasan / Pribadi / Menyewa / Menumpang *)
a.  Luas Tanah / Status                  :   1558 m2 / SHM / HGB / Hak Pakai / Akta Jual Beli / Hibah *)
b.  Luas Bangunan                          :   4095 m2
7.       No. Rekening Rutin Sekolah        :   0152291302, Nama Bank : Bank Jatim, Cabang : Tulungagung
8.       Program Keahlian                           :   Administrasi Perkantoran, Akuntansi, dan Pemasaran
9.      Status                                                 :  Administrasi Perkantoran Terakreditasi A, Akuntansi Terakreditasi A, dan Pemasaran Terakreditasi A
10.    Data Rombel Setiap Program Keahlian Tahun Pelajaran 2012 / 2013
PROGRAM KEAHLIAN
KELAS
JUMLAH ROMBEL
X
XI
XII
Administrasi Perkantoran
4
4
4
12
Akuntansi
3
3
3
9
Pemasaran
2
2
2
6
TOTAL ROMBEL
27

11.    Data siswa dalam 3 (tiga) tahun terakhir :
Tahun Ajaran
Jml Pendaftar (Calon Siswa Baru)
Kelas I
Kelas II
Kelas III
Jumlah
(Kls. I + II + III)
Jml Siswa
Jml Rombel
Jml Siswa
Jml Rombel
Jml Siswa
Jml Rombel
Siswa
Rombel
2010/2011
443
432
9
357
8
297
7
1.086
24 rbl
2011/2012
514
455
9
407
9
336
8
1.198
26 rbl
2012/2013
500
432
9
428
9
383
9
1.243
27 rbl
12.    a)  Data Ruang Kelas
Kampus
Jumlah Ruang Kelas Asli (d)
Jumlah ruang lainnya yang digunakan untuk ruang kelas (e)
Jumlah ruang yang digunakan untuk ruang kelas f=(d+e)
Ukuran 7 x 9 m2
(a)
Ukuran > 63 m2
(b)
Ukuran < 63 m2
(c)
Jumlah d=(a+b+c)
Satu
-
-
10
10
-
10
Dua
-
-
8
8
-
8
Total Ruang Kelas
18
b)  Data Ruang Lainnya
Jenis Ruang
Jumlah
Ukuran (m2)
1.     Ruang Kepala Sekolah
1
19.00 M2
2.     Ruang Tata Usaha
1
26.25 M2
3.     Ruang Guru
2
56.00 M2
4.     Mushola
2
9.00 M2
5.      Perpustakaan
1
96.00 M2
 5.   Lab. Bahasa
1
56.00 M2
 6.   Lab. Komputer
2
56.00 M2
 7.   Lab. Administrasi Perkantoran
1
56.00 M2
 8.   Lab. Akuntansi
1
56.00 M2
 9.   Lab. Pemasaran
1
56.00 M2
13.    Ruang UKS
1
15.00 M2
14.    Ruang BK
1
15.00 M2
15.    Ruang OSIS
1
26.00 M2
16.    Ruang Pramuka
1
16.00 M2
17.    Gudang
3
15.00 M2
18.    Toilet
11
1.50 M2
19.    Tempat Bermain / Berolah Raga
1
3,000.00 M2
20.    Data Tenaga Pendidik dan Kependidikan
Jenis Guru
Jumlah
Keterangan
Guru PNS Dipekerjakan (DPK)
12 orang

Guru Tetap Yayasan (GTY)
16 orang

Guru Tidak Tetap
42 orang

Staff dan Tata Usaha
28 orang


                                                                                                            Tulungagung, 10 Januari 2013
Mengetahui :                                                                                   
Ketua PPLP Dasmen PGRI                                                           Kepala SMK PGRI 1 Tulungagung
Kabupaten Tulungagung



Drs. SUGIARNO                                                                             Drs. MURPRIONO, MM.
                                                                                                            Pembina Tk. I
                                                                                                            NIP. 19600616 198703 1 014

1.     Kiat Penerimaan Siswa Baru
Mengingat saat ini persaingan sangat ketat dalam memperebutkan calon siswa baru maka SMK PGRI 1 Tulungagung melakukan dengan cara :
a.    Promosi
Promosi ditunjukan untuk mengenalkan sekolah (SMK PGRI 1 Tulungagung) kepada masyarakat pada umumnya dan siswa siswi SMP sebagai calon-calon siswa SMK PGRI 1 Tulungagung. Promosi dilakukan dengan cara mengadakan pertandingan bola basket putra dan putri tingkat SMP se-Eks Karesidenan Kediri. Dan akan datang SMK PGRI 1 Tulungagung akan mengadakan pertandingan Bola Basket dan Bola Voly. Selain itu SMK PGRI 1 Tulungagung bekerjasama dengan Media Cetak Radar Tulungagung.
b.    Presentasi
Presentasi dilakukan untuk mengenalkan SMK PGRI 1 Tulungagung kepada Siswa Siswa SMP. Cara yang dilakukan dengan membentuk team presentasi (bapak / ibu guru) dan selanjutnya bekerjasama dengan humas untuk melakukan koordinasi dengan pihak SMP yang akan ditempati untuk presentasi. Dalam presentasi ini, team presentasi sekaligus sudah membawa brosur penerimaan siswa baru pada SMK PGRI 1 Tulungagung.
c.    Kalender
SMK PGRI 1 Tulungagung membuat kalender yang berisikan gambar semua kegiatan yang dilakukan oleh siswa-siswi SMK PGRI 1 Tulungagung.
d.    Siswa Berprestasi
SMK PGRI 1 Tulungagung memberikan keringanan SPP / membebaskan SPP kepada siswa SMP yang berprestasi. Dan memberikan bebas SPP selama 3 (tiga) bulan bagi siswa yang berprestasi pada saat masih sebagai siswa SMK PGRI 1 Tulungagung.
e.    Membentuk Panitia Penerimaan Siswa Baru
Kepanitiaan PMB dari Staf, TU dan Bapak/Ibu Guru Terpilih.  Sebelum kepanitiaan bertugas, terlebih dahulu diadakan rapat dengan tujuan penyampaian informasi mengenai teknik pelaksanaan PMB.

2.     Kegiatan PBM
Program Keahlian pada SMK PGRI 1 Tulungagung ada 3 (tiga) yakni Administrasi Perkantoran, Akuntansi, dan Pemasaran.
Jumlah rombel Kelas X sebanyak 9, terdiri dari ; 4 (empat) rombel program keahlian Administrasi Perkantoran, 3 (tiga) rombel program keahlian AKuntansi dan 2 (dua) rombel program keahlian Pemasaran.
Jumlah rombel Kelas XI sebanyak 9, terdiri dari ; 4 (empat) rombel program keahlian Administrasi Perkantoran, 3 (tiga) rombel program keahlian Akuntansi dan 2 (dua) rombel program keahlian Pemasaran.
Jumlah rombel Kelas XII sebanyak 9, terdiri dari ; 4 (empat) rombel program keahlian Administrasi Perkantoran, 3 (tiga) rombel program keahlian Akuntansi dan 2 (dua) rombel program keahlian Pemasaran.
Dengan demikian jumlah rombel keseluruhan (Kelas X, XI, dan XII) sebanyak 27 rombel. Mengingat jumlah Ruang Kelas SMK PGRI 1 Tulungagung, sebanyak 18 (delapan belas) kelas, maka dalam kegiatan pembelajarannya adalah; Kelas X dan XII masuk jam 07.00 – 12.30, sedangkan kelas XI masuk jam 13.00 – 18.15.
3.     Kegiatan Ekstra Kurikuler
Kegiatan Ekstra Kurikuler pada SMK PGRI 1 Tulungagung, ditujukan untuk meningkatkan kualitas siswa dan membentuk karakter siswa. Kegiatan-kegiatan Estra Kurikuler meliputi :
a.    Kesenian
-       Reog
-       Teater
-       Dance
-       Chilider
-       Tari
-       Fashion
Unjuk kebolehan siswa yang ikut ekstra kurikuler kesenian, yaitu diikutkan  lomba Reog dan Teater tingkat kabupaten pada saat menyambut HUT Kabupaten Tulungagung ke 807 yang telah dilaksanakan pada bulan Nopember – Desember 2012. Hasil dari lomba tersebut, SMK PGRI 1 Tulungagung berhasil meraih juara 1 (satu) seni Reog dan juara 1 (satu) untuk Teater. Disamping itu semua siswa yang ikut ekstra kurikuler kesenian akan mengisi acara pelepasan siswa / siswi kelas XII dan ikut serta dalam acara Pentas Seni Se-Kabupaten Tulungagung, Trenggalek dan Blitar.
b.    Olah Raga
-       Bola Basket
-       Bola Voly
-       Renang
-       Karate (Funakoshi)
Unjuk kebolehan siswa yang ikut ekstra kurikuler olah raga, akan diikutkan setiap ada kompetisi. Misalnya Bola Voly yang diselenggarakan Kabupaten Tulungagung dalam rangka memperingati HUT Tulungagung ke 807 yang diadakan pada bulan Desember 2012. Team Bola Voly Putri SMK PGRI 1 Tulungagung berhasil meraih juara 3 (tiga) tingkat SMK / SMA / MA se Kabupaten Tulungagung. Disamping itu karate pada tahun 2011 dan 2012 siswa siswi SMK PGRI 1 Tulungagung juga berhasil meraih juara ; juara 1, 2, dan 3 sesuai dengan kelasnya, baik tingkat kabupaten maupun nasional.
c.    Kedisiplinan
-       Paskibraka
Ekstra kurikuler kedisiplinan dilaksanakan melalui Ekstra Kurikuler Paskibraka yang mana didalamnya berisi kegiatan tata aturan baris berbaris. SMK PGRI 1 Tulungagung selalu aktif dalam lomba baris berbaris dan sekaligus aktif dalam mengikuti seleksi Paskibraka baik tingkat Kabupaten maupun propinsi. Tahun 2012 siswa SMK PGRI 1 terpilih sebagai danton dalam Paskibraka 2012 Kabupaten Tulungagung.
d.    Ketrampilan
-       Komputer
-       Akuntansi
e.    Bahasa Inggris



4.     Kegiatan Sarana Prasarana
Sarana pendidikan adalah semua fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar mengajar baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak agar pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif, dan efisien. Untuk itu perlu suatu perencanaan, pengadaan, pendayagunaan, dan pengawasan yang digunakan untuk menunjang pendidikan agar pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif, dan efisien.
Perlengkapan sekolah, atau juga sering disebut dengan fasilitas sekolah, dapat di kelompokan menjadi sarana pendidikan dan prasarana pendidikan. Sarana pendidikan adalah semua perangkat peralatan, bahan dan perabot yang secara langsung digunakan dalam proses pendidikan di sekolah, seperti: ruang, buku, perpustakaan, labolatarium dan sebagainya.Sedangkan prasarana pendidikan adalah semua perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang proses pendidikan di sekolah. Dalam pendidikan misalnnya lokasi atau tempat, bangunan sekolah, lapangan olahraga, ruang dan sebagainya.
Menurut keputusan menteri P dan K No.079/1975, sarana pendidikan terdiri dari 3 kelompok besar yaitu:
a.    Bangunan dan perabot sekolah.
b.    Alat pelajaran yang terdiri dari pembukauan dan alat-alat peraga dan labolatarium.
c.    Media pendidikan yang dapat dikelompokan menjadi audiovisual yang menguanakan alat penampil dan media yang tidak menggunakan alat penampil.
Fasilitas atau sarana dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) jenis yaitu :
a.    Fasilitas fisik, yakni segala sesuatu yang berupa benda atau fisik yang dapat dibendakan, yang mempunyai peranan mempermudah dalam melancarkan suatu usaha. Fasilitas fisik juga disebut fasilitas materiil. Contoh : kendaraan, alat tulis kantor, peralatan komunikasi elektronik, dll.
Dalam kegiatan pendidikan yang tergolong dalam fasilitas materiil antara lain: perabot ruang kelas, perabot ruang TU, perabot laboratorium, perpustakaan dan ruang praktek.
b.    Fasilitas uang, yakni segala sesuatu yang bersifat mempermudah suatu kegiatan sebagai akibat bekerjanya nilai uang.
c.    Fasilitas sumber daya manusia
Agar tujuan-tujuan manajemen perlengkapan bisa tercapai ada beberapa prinsip yang perlu di perhatikan dalam mengelola perlengkapan di sekolah, prinsip-prinsip yang dimaksud adalah :
1)    Prinsip pencapaian tujuan
2)    Prinsip efisiensi
3)    Prinsip administrative
4)    Prinsip kejelasan tanggung jawab
5)    Prinsip kekohesifan
a)    Prinsip Pencapaian Tujuan
Pada dasarnya manajemen perlengkapan sekolah di lakukan dengan maksud agar semua fasilitas sekolah dalam keadaan kondisi siap pakai. Oleh sebab itu, manajemen perlengkapan sekolah dapat di katakan berhasil bilaman fasilitas sekolah itu selalu siap pakai setiap saat, pada setiap seorang personel sekolah akan menggunakannya.
b)   Prinsip Efisiensi
Dengan prinsip efisiensi semua kegiatan pengadaan sarana dan prasarana sekolah di lakukan dengan perencanaan yang hati-hati, sehingga bisa memperoleh fasilitas yang berkualitas baik dengan harga yang relatif murah. Dengan prinsip efisiensi berarti bahwa pemakaian semua fasilitas sekolah hendaknya dilakukan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat mengurangi pemborosan. Maka perlengkapan sekolah hendaknya di lengkapi dengan petunjuk teknis penggunaan dan pemeliharaannya. Petunjuk teknis tersebut di komunikasikan kepada semua personil sekolah yang di perkirakan akan menggunakannya. Selanjutnya, apabila dipandang perlu, dilakukan pembinaan terhadap semua personel.
 3)  Prinsif administrative
Di Indonesia terdapat sejumlah peraturan perundang-undangan yang berkenaan dengan sarana dan prarana pendidikan sebagai contoh adalah peraturan tentang inventarisasi dan penghapusan perlengkapan milik negara. Dengan prinsip administratif berarti semua perilaku pengelolaan perlengkapan pendidikan di sekolah itu hendaknya selalu memperhatikan undang-undang, peraturan, instruksi, dan pedoman yang telah di berlakukan oleh pemerintah. Sebagai upaya penerapannya, setiap penanggung jawab pengelolaan perlengkapan pendidikan hendaknya memahami semua peraturan perundang-undangan tersebut dan menginformasikan kepada semua personel sekolah yang di perkirakan akan berpartisipasi dalam pengelolaan perlengkapan pendidikan.
4)  Prinsip Kejelasan Tanggung Jawab
Di Indonesia tidak sedikit adanya kelembagaan pendidikan yang sangat besar dan maju. Oleh karena besar, sarana dan prasarananya sangat banyak sehingga manajemennya melibatkan banyak orang. Bilaman hal itu terjadi maka perlu adanya pengorganisasian kerja pengelolaan perlengkapan pendidikan. Dalam pengorganisasiannya, semua tugas dan tanggung jawab semua orang yang terlibat itu perlu di deskripsikan dengan jelas.
5)  Prinsip Kekohesifan
Dengan prinsip kekohesfan berarti manajemen perlengkapan pendidikan di sekolah hendaknya terealisasikan dalam bentuk proses kerja sekolah yang sangat kompak. Oleh kerena itu, walaupun semua orang yang terlibat dalam pengelolaan perlengkapan itu telah memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing, namun antara satu dengan yang lainnya harus selalu bekerja sama dengan baik.
Manajemen sarana pendidikan meliputi :
a)    Perencanaan  pengadaan
b)   Penyimpanan
c)    Inventarisasi
d)   Penataan
e)    Pengawasan dan pengendalian
f)     Penyaluran
g)   Pemeliharaan
h)   Rehabilitasi
i)     Penghapusan

5.     Mata Pelajaran Andalan / Unggulan
-      

6.     Kesejahteraan Guru
a.    Balas Jasa berupa insentif dengan perhitungan Rp 28.000 per jam pelajaran ditambah dengan insentif untuk bapak / ibu guru yang memegang jabatan-jabatan tertentu.
b.    Rekreasi setiap 2 (Dua) Tahun, yang pernah dilaksanakan ke Jakarta (2 kali), Bali, Magetan, Malang dll
c.    Setiap hari raya Idul Fitri diberikan bingkisan hari raya kepada seluruh Bapak/Ibu guru.
d.    Mengikutkan warga sekolah ke dalam asuransi.
e.    Pemberian seragam kepada Bapak/Ibu Guru (Seragam PSH, Keki, dan Batik) dengn ongkos jahitnya.
f.     Adanya transport kepada Bapak/Ibu Guru yang hadir pada saat Rapat Kenaikan Kelas dan Rapat Kelulusan.
g.    Diberikan transport kepada Bapak/Ibu Guru sebagai pembimbing Prakerin.
h.    Diberikan transport kepada Bapak/Ibu Guru sebagai pendamping kunjungan industri.



7.     Bakti Sosial
a.    Melaksanakan kerja bakti untuk kebersihan lingkungan sekitar sekolah.
b.    Membentuk kelompok untuk melakukan kebersihan di Masjid, Kantor-kantor yang ada di lingkungan tempat tinggal siswa.
c.    Mengumpulkan dan membagikan sembako kepada orang yang tidak mampu yang bertempat tinggal di sekitar sekolah dan memberikan sembako di panti asuhan-panti asuhan.
d.    Membagikan Zakat Fitrah dan daging kurban kepada orang-orang yang berha menerimanya yang berada disekitar lingkungan sekolah dan panti asurahan-panti asuhan.
e.    Ikut serta dalam pengiriman air pada musim kemarau untuk daerah yang kekurangan air.
f.     Bekerja sama dengan PMI untuk Donor Daerah (seluruh warga sekolah yang memenuhi syarat).

8.     Kiat Membentuk Pencitraan Publik
a.    Membangun UKS
b.    Pelayanan kesehatan dengan perawat jaga setiap hari dan dokter jaga hari selasa dan jum’at.
c.    Membangun Gudang
d.    Membangun Mushola
e.    Membangun Kewirausahaan
f.     Meningkatkan kualitas dan kuantitas Sarpras Pendidikan
g.    Meningkatkan kuantitas dan kualitas tenga pendidik
h.    Menjalin kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri

9.     Kiat Implementasi Pendidikan Karakter
Implementasi pendidikan budaya dan karakter bansa di SMK PGRI 1 Tulungagung dapat dilihat pada tabel di bawah :
NO.

PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
BENTUK KEGIATAN

NILAI KARAKTER

1.




Pembinaan kepada peserta didik pada keagamaan
a.        Pondok Ramadahan
b.        ZAkat Fitrah
c.        BTQ (baca tulis Al Qur’an)
d.        Sholat berjamaah Berjamaah
e.        Berdo’a ketika akan memulai dan mengakhiri pelajaran
f.         Peringatan Maulid Nabi
g.        Peringatan Isro’Miroj
h.        Sholat Idul Adha




RELIGIUS
2.
Pembinaan kepada peserta didik dalam kejujuran.
a.        Kotak Kejujuran
b.        Pengeras suara di setiap kelas
c.        Papan Pengumuman

KEJUJURAN
3.




Pembinaan  kepada peserta didik toleransi.
a.      Tata Tertib Siswa
b.      Tata Tertib Guru
c.       BKSM
d.      Keringanan SPP
e.      Peminjaman Buku (Perpus)
f.        Santunan Kepada Anak Sakit dan keluarga yang meninggal



TOLERANSI



4.




Pembinaan kepada peserta didik dalam kedisiplinan
a.        Daftar Hadir
b.        Jurnal Kelas
c.        Monitoring Kelas
d.        Tata Tertib Masing-masing Ruangan
e.        Moto / Semboyan
f.         Penghargaan bagi siswa yang kedisiplinan
g.        Tata Tertib Kepegawaian
h.        Buku Tata tertib peminjaman alat
i.          MOPDB




KEDISIPLINAN
5.


Pembinaan kepada peserta didik untuk bekerja keras.
a.        Surat keterangan bebas SPP
b.        Kewirausaahaan (Penjualan Produk)
c.        Slogan / Mota Kerja Keras
d.        Standar Kompetensi Lulusan

KERJA KERAS



6.






Pembinaan kepada peserta didik untuk berkreatif.
a.        Lomba hasta karya pemanfaatan barang limbah
b.        Lomba Mading
c.        Mengolah Limbah
d.        Lomba Kompetensi Siswa
e.        LCD / Laptop
f.         Internet
g.        HotSport Area



KREATIF
7.




Pembinaan kepada peserta didik untuk mandiri.
a.        Kartu Pembayaran
b.        Kunjungan Indusri
c.        Prakerin
d.        Uji Kompetensi
e.        Lomba Pidato
f.         Speck English Pada Saat Upacara
g.        Pramuka


MANDIRI


8.




Pembinaan kepada peserta didik untuk berdemokratis.
a.        Pemilihan pengurus OSIS
b.        Pemilihan pengurus KOPSIS
c.        RPP
d.        Daftar Hadir Wali Murid
e.        Daftar Hadir Warga Belajar


DEMOKRATIS
9.




Pembinaan kepada peserta didik untuk mempunyai rasa
ingin tahu
a.        Mading
b.        Internet
c.        Perpustakaan
d.        Membuat Kliping
e.        Majalah dan Koran
f.         Rapat Komite
g.        Promosi Sekolah
h.        Ulang Tahun Sekolah



RASA INGIN TAHU
10.


Pembinaan kepada peserta ddik untuk mempunyai semangat kebangsaan
a.        Upacara Bendera
b.        Tata Tertib Sekolah
c.        Kunjungan Ketempat Bersejarah
d.        Lomba Baris berbaris

SEMANGAT KEBANGSAAN
11.



Pembinaan kepada peserta didik untuk cinta tanah air
a.     Pidato Peringatan HUT RI
b.     Mengenal para pemimpin dan tokoh
c.      Mengenang Pahlawan Bangsa
d.     Mengenal Budaya adat istiadat daerah
e.     Upacara HU RI
f.       Lomba kegiatan HUT RI
g.     Memakai produk dalam negeri



CINTA TANAH AIR

12




Pembianaan peserta didik untuk lebih berprestasi
a.     Adanya alamari untuk menyimpan piala prestasi
b.     Sertifikat penghargaan kepada warga sekolah
c.      Memberikan bea siswa kepada peserta didik yang berprestasi
d.     LKS tingkat propinsi
e.     Class meeting


MENGHARGAI PRESTASI

13


Pembinaan kepada peserta didik untuk bersahabat / berkomunikasi dengan orang lain
a.     Ruang Kelas
b.     Halaman Sekolah
c.      Lapangan Sekolah
d.     Membudayakan 5S
e.     Metode Pembelajaran yang bervariasi ; Tanya Jawab, Diskusi, Demonstrasi dll
f.       Bimbingan Konseling


BERSAHABAT KOMUNIKATIF
14



Pembinaan kepada peserta didik untuk mempunyai sikap cinta damai
a.     Buku ketertiban
b.     Pertemuan / rapat wali murid
c.      Buku kunjungan
d.     Tata tertib sekolah
e.     Jadwal piket kelas
f.       Jadwal Jum’at Bersih


CINTA DAMAI
15




Pembinaan kepada peserta didik untuk gemar membaca
a.      Pembelajaran menggunakan modul
b.      Pemberian tugas kepada siswa untuk wajib membaca buku.
c.       Buku kunjungan ke perpustakaan
d.      Ruang baca di perpustakaan.
e.      Daftar Koleksi buku
f.        Pencarian materi menggunakan internet sebagai referensi.



GEMAR MEMBACA
16




Pembinaan kepada peserta didik untuk peduli dengan lingkungan
a.     Menyediakan kamar mandi dan air bersih.
b.     Pelaksanaan Jum’at bersih
c.      Kebersihan kelas (piket kelas)
d.     Penanganan limbah
e.     Pembuatan kompos organic
f.       Penyediaan peralatan kebersihan
g.     Pembiasaan hemat energy.



PEDULI LINGKUNGAN
17




Pembinaan kepada peserta didik untuk peduli social
a.     Menyediakan fasilitas untuk menyumbang
b.     Kerukunan warga kelas (kas kelas)
c.      Program bantuan siswa tidak ampu oleh orang tua / wali murid
d.     Memberikan santunan kepada panti asuhan.
e.     Bakti social
f.       Pembinaan dan penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkotika, psikotropika, zat adiktif (narkoba), minuman keras, merokok, dan HIV AIDS dari BNN kabupaten Tulungagung




PEDULI SOSIAL
18

Pembinaan kepada peserta didik bertanggung jawab.
a.     Pembuatan laporan setiap kegiatan dilakukan.
b.     Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
c.      Peran aktif dalam kegiatan sekolah

TANGGUNG JAWAB

Pada dasarnya ke-18 (delapan belas) nilai karekter tersebut sudah dilaksanankan. Akan tetapi kedepan SMK PGRI 1 Tulungagung memrogramkan untuk peningkatan nilai karakter religius, kejujuran, kreatifitas dan bertanggung jawab. Hal ini dilakukan dengan peningkatan sarana prasarana pendukungnya berupa ; pembangunan mushola, pembuatan kantin kejujuran, dan menanamkan sifat kewirausahaan pada peserta didik.

10.  Kiat Penggalangan Dana Bantuan
Adanya koordinasi yang intensif dengan pihak-pihak pemberi bantuan.

11.  Pelayanan Kesehatan pada Warga Sekolah

SMK PGRI 1 Tulungagung memiliki UKS dengan perawat jaga dalam setiap harinya (Pagi dan Siang) dan Dokter jaga setiap hari Selasa dan Jum’at. Bagi warga sekolah ke UKS akan mendapatkan obat-obatan dan apabila ada warga sekolah yang sakit dan memerlukan perawatan intensif maka Dokter jaga akan merujuk ke Rumah Sakit Terdekat.

Comments

Post a Comment