PROFIL
SEKOLAH
1. Nama Sekolah : SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG
Alamat (Jalan/Kec./Kab/Kota) : Jl.
P.J. Sudirman VII/1, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung
No. Telepon / Faksimile : (0355) 322149 / (0355) 322149
E-Mail : smkpgri1tulungagung@gmail.com
2. Nama Yayasan : PPLP Dasmen PGRI
Alamat Yayasan & No.
Telepon : Jl. Jayeng Kusuma No. 410 Tulungagung
3. Nama Kepala Sekolah : Drs. MURPRIONO, MM.
No. Telepon / HP : 326044 / 081556457314
4. Kategori Sekolah : SBI
/ SSN / Rintisan SSN *)
5. Tahun didirikan / Th.
Beroperasi : 1984 / 1984
6.
Kepemilikan
Tanah / Bangunan : Milik
Pemerintah / Yayasan / Pribadi / Menyewa / Menumpang *)
a. Luas Tanah / Status : 1558 m2
/ SHM / HGB / Hak Pakai / Akta Jual Beli
/ Hibah *)
b. Luas Bangunan : 4095 m2
7. No. Rekening Rutin Sekolah :
0152291302, Nama Bank : Bank Jatim, Cabang : Tulungagung
8. Program Keahlian : Administrasi
Perkantoran, Akuntansi, dan Pemasaran
9.
Status : Administrasi
Perkantoran Terakreditasi A, Akuntansi Terakreditasi A, dan Pemasaran
Terakreditasi A
10. Data Rombel Setiap Program
Keahlian Tahun Pelajaran 2012 / 2013
PROGRAM
KEAHLIAN
|
KELAS
|
JUMLAH ROMBEL
|
||
X
|
XI
|
XII
|
||
Administrasi
Perkantoran
|
4
|
4
|
4
|
12
|
Akuntansi
|
3
|
3
|
3
|
9
|
Pemasaran
|
2
|
2
|
2
|
6
|
TOTAL
ROMBEL
|
27
|
11. Data siswa dalam 3 (tiga) tahun
terakhir :
Tahun Ajaran
|
Jml Pendaftar (Calon Siswa
Baru)
|
Kelas I
|
Kelas II
|
Kelas III
|
Jumlah
(Kls. I + II + III)
|
||||
Jml Siswa
|
Jml Rombel
|
Jml Siswa
|
Jml Rombel
|
Jml Siswa
|
Jml Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
||
2010/2011
|
443
|
432
|
9
|
357
|
8
|
297
|
7
|
1.086
|
24 rbl
|
2011/2012
|
514
|
455
|
9
|
407
|
9
|
336
|
8
|
1.198
|
26 rbl
|
2012/2013
|
500
|
432
|
9
|
428
|
9
|
383
|
9
|
1.243
|
27 rbl
|
12. a) Data Ruang Kelas
Kampus
|
Jumlah Ruang Kelas Asli (d)
|
Jumlah ruang lainnya yang
digunakan untuk ruang kelas (e)
|
Jumlah ruang yang digunakan
untuk ruang kelas f=(d+e)
|
|||
Ukuran 7 x 9 m2
(a)
|
Ukuran > 63 m2
(b)
|
Ukuran < 63 m2
(c)
|
Jumlah d=(a+b+c)
|
|||
Satu
|
-
|
-
|
10
|
10
|
-
|
10
|
Dua
|
-
|
-
|
8
|
8
|
-
|
8
|
Total Ruang Kelas
|
18
|
b) Data Ruang Lainnya
Jenis Ruang
|
Jumlah
|
Ukuran (m2)
|
1. Ruang Kepala Sekolah
|
1
|
19.00 M2
|
2. Ruang Tata Usaha
|
1
|
26.25 M2
|
3. Ruang Guru
|
2
|
56.00 M2
|
4. Mushola
|
2
|
9.00 M2
|
5. Perpustakaan
|
1
|
96.00 M2
|
5.
Lab. Bahasa
|
1
|
56.00 M2
|
6.
Lab. Komputer
|
2
|
56.00 M2
|
7.
Lab. Administrasi Perkantoran
|
1
|
56.00 M2
|
8.
Lab. Akuntansi
|
1
|
56.00 M2
|
9.
Lab. Pemasaran
|
1
|
56.00 M2
|
13. Ruang UKS
|
1
|
15.00 M2
|
14. Ruang BK
|
1
|
15.00 M2
|
15. Ruang OSIS
|
1
|
26.00 M2
|
16. Ruang Pramuka
|
1
|
16.00 M2
|
17. Gudang
|
3
|
15.00 M2
|
18. Toilet
|
11
|
1.50 M2
|
19. Tempat Bermain / Berolah Raga
|
1
|
3,000.00 M2
|
20. Data Tenaga Pendidik dan
Kependidikan
Jenis Guru
|
Jumlah
|
Keterangan
|
Guru
PNS Dipekerjakan (DPK)
|
12 orang
|
|
Guru
Tetap Yayasan (GTY)
|
16 orang
|
|
Guru
Tidak Tetap
|
42 orang
|
|
Staff
dan Tata Usaha
|
28 orang
|
Tulungagung,
10 Januari 2013
Mengetahui :
Ketua PPLP Dasmen PGRI Kepala
SMK PGRI 1 Tulungagung
Kabupaten Tulungagung
Drs.
SUGIARNO Drs.
MURPRIONO, MM.
Pembina
Tk. I
NIP.
19600616 198703 1 014
1.
Kiat
Penerimaan Siswa Baru
Mengingat saat ini persaingan sangat ketat dalam
memperebutkan calon siswa baru maka SMK PGRI 1 Tulungagung melakukan dengan
cara :
a.
Promosi
Promosi ditunjukan untuk mengenalkan
sekolah (SMK PGRI 1 Tulungagung) kepada masyarakat pada umumnya dan siswa siswi
SMP sebagai calon-calon siswa SMK PGRI 1 Tulungagung. Promosi dilakukan dengan
cara mengadakan pertandingan bola basket putra dan putri tingkat SMP se-Eks
Karesidenan Kediri. Dan akan datang SMK PGRI 1 Tulungagung akan mengadakan
pertandingan Bola Basket dan Bola Voly. Selain itu SMK PGRI 1 Tulungagung bekerjasama
dengan Media Cetak Radar Tulungagung.
b.
Presentasi
Presentasi dilakukan untuk mengenalkan
SMK PGRI 1 Tulungagung kepada Siswa Siswa SMP. Cara yang dilakukan dengan
membentuk team presentasi (bapak / ibu guru) dan selanjutnya bekerjasama dengan
humas untuk melakukan koordinasi dengan pihak SMP yang akan ditempati untuk
presentasi. Dalam presentasi ini, team presentasi sekaligus sudah membawa
brosur penerimaan siswa baru pada SMK PGRI 1 Tulungagung.
c.
Kalender
SMK PGRI 1 Tulungagung membuat kalender
yang berisikan gambar semua kegiatan yang dilakukan oleh siswa-siswi SMK PGRI 1
Tulungagung.
d.
Siswa
Berprestasi
SMK PGRI 1 Tulungagung memberikan
keringanan SPP / membebaskan SPP kepada siswa SMP yang berprestasi. Dan
memberikan bebas SPP selama 3 (tiga) bulan bagi siswa yang berprestasi pada
saat masih sebagai siswa SMK PGRI 1 Tulungagung.
e.
Membentuk
Panitia Penerimaan Siswa Baru
Kepanitiaan PMB dari Staf, TU dan
Bapak/Ibu Guru Terpilih. Sebelum
kepanitiaan bertugas, terlebih dahulu diadakan rapat dengan tujuan penyampaian informasi
mengenai teknik pelaksanaan PMB.
2.
Kegiatan
PBM
Program Keahlian pada SMK PGRI 1
Tulungagung ada 3 (tiga) yakni Administrasi Perkantoran, Akuntansi, dan
Pemasaran.
Jumlah rombel Kelas X sebanyak 9,
terdiri dari ; 4 (empat) rombel program keahlian Administrasi Perkantoran, 3
(tiga) rombel program keahlian AKuntansi dan 2 (dua) rombel program keahlian
Pemasaran.
Jumlah rombel Kelas XI sebanyak 9,
terdiri dari ; 4 (empat) rombel program keahlian Administrasi Perkantoran, 3
(tiga) rombel program keahlian Akuntansi dan 2 (dua) rombel program keahlian
Pemasaran.
Jumlah rombel Kelas XII sebanyak 9,
terdiri dari ; 4 (empat) rombel program keahlian Administrasi Perkantoran, 3
(tiga) rombel program keahlian Akuntansi dan 2 (dua) rombel program keahlian
Pemasaran.
Dengan demikian jumlah rombel
keseluruhan (Kelas X, XI, dan XII) sebanyak 27 rombel. Mengingat jumlah Ruang
Kelas SMK PGRI 1 Tulungagung, sebanyak 18 (delapan belas) kelas, maka dalam
kegiatan pembelajarannya adalah; Kelas X dan XII masuk jam 07.00 – 12.30,
sedangkan kelas XI masuk jam 13.00 – 18.15.
3.
Kegiatan
Ekstra Kurikuler
Kegiatan Ekstra Kurikuler pada SMK PGRI
1 Tulungagung, ditujukan untuk meningkatkan kualitas siswa dan membentuk
karakter siswa. Kegiatan-kegiatan Estra Kurikuler meliputi :
a. Kesenian
- Reog
- Teater
- Dance
- Chilider
- Tari
- Fashion
Unjuk kebolehan siswa yang ikut ekstra
kurikuler kesenian, yaitu diikutkan
lomba Reog dan Teater tingkat kabupaten pada saat menyambut HUT
Kabupaten Tulungagung ke 807 yang telah dilaksanakan pada bulan Nopember –
Desember 2012. Hasil dari lomba tersebut, SMK PGRI 1 Tulungagung berhasil
meraih juara 1 (satu) seni Reog dan juara 1 (satu) untuk Teater. Disamping itu
semua siswa yang ikut ekstra kurikuler kesenian akan mengisi acara pelepasan siswa
/ siswi kelas XII dan ikut serta dalam acara Pentas Seni Se-Kabupaten
Tulungagung, Trenggalek dan Blitar.
b. Olah
Raga
- Bola
Basket
- Bola
Voly
- Renang
- Karate
(Funakoshi)
Unjuk kebolehan siswa yang ikut ekstra
kurikuler olah raga, akan diikutkan setiap ada kompetisi. Misalnya Bola Voly
yang diselenggarakan Kabupaten Tulungagung dalam rangka memperingati HUT
Tulungagung ke 807 yang diadakan pada bulan Desember 2012. Team Bola Voly Putri
SMK PGRI 1 Tulungagung berhasil meraih juara 3 (tiga) tingkat SMK / SMA / MA se
Kabupaten Tulungagung. Disamping itu karate pada tahun 2011 dan 2012 siswa
siswi SMK PGRI 1 Tulungagung juga berhasil meraih juara ; juara 1, 2, dan 3
sesuai dengan kelasnya, baik tingkat kabupaten maupun nasional.
c. Kedisiplinan
- Paskibraka
Ekstra kurikuler kedisiplinan
dilaksanakan melalui Ekstra Kurikuler Paskibraka yang mana didalamnya berisi
kegiatan tata aturan baris berbaris. SMK PGRI 1 Tulungagung selalu aktif dalam
lomba baris berbaris dan sekaligus aktif dalam mengikuti seleksi Paskibraka
baik tingkat Kabupaten maupun propinsi. Tahun 2012 siswa SMK PGRI 1 terpilih sebagai
danton dalam Paskibraka 2012 Kabupaten Tulungagung.
d. Ketrampilan
- Komputer
- Akuntansi
e. Bahasa
Inggris
4.
Kegiatan
Sarana Prasarana
Sarana pendidikan adalah semua fasilitas yang diperlukan
dalam proses belajar mengajar baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak
agar pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar, teratur,
efektif, dan efisien. Untuk itu perlu suatu perencanaan, pengadaan,
pendayagunaan, dan pengawasan yang digunakan untuk menunjang pendidikan agar
pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif,
dan efisien.
Perlengkapan sekolah, atau juga sering disebut dengan
fasilitas sekolah, dapat di kelompokan menjadi sarana pendidikan dan prasarana
pendidikan. Sarana pendidikan adalah semua perangkat peralatan, bahan dan
perabot yang secara langsung digunakan dalam proses pendidikan di sekolah,
seperti: ruang, buku, perpustakaan, labolatarium dan sebagainya.Sedangkan
prasarana pendidikan adalah semua perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak
langsung menunjang proses pendidikan di sekolah. Dalam pendidikan misalnnya
lokasi atau tempat, bangunan sekolah, lapangan olahraga, ruang dan sebagainya.
Menurut keputusan menteri P dan K No.079/1975, sarana
pendidikan terdiri dari 3 kelompok besar yaitu:
a. Bangunan
dan perabot sekolah.
b. Alat
pelajaran yang terdiri dari pembukauan dan alat-alat peraga dan labolatarium.
c. Media
pendidikan yang dapat dikelompokan menjadi audiovisual yang menguanakan alat
penampil dan media yang tidak menggunakan alat penampil.
Fasilitas atau sarana dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) jenis
yaitu :
a. Fasilitas
fisik, yakni segala sesuatu yang berupa benda atau fisik yang dapat dibendakan,
yang mempunyai peranan mempermudah dalam melancarkan suatu usaha. Fasilitas
fisik juga disebut fasilitas materiil. Contoh : kendaraan, alat tulis kantor,
peralatan komunikasi elektronik, dll.
Dalam kegiatan pendidikan yang tergolong
dalam fasilitas materiil antara lain: perabot ruang kelas, perabot ruang TU,
perabot laboratorium, perpustakaan dan ruang praktek.
b. Fasilitas
uang, yakni segala sesuatu yang bersifat mempermudah suatu kegiatan sebagai
akibat bekerjanya nilai uang.
c.
Fasilitas sumber daya manusia
Agar tujuan-tujuan manajemen
perlengkapan bisa tercapai ada beberapa prinsip yang perlu di perhatikan dalam
mengelola perlengkapan di sekolah, prinsip-prinsip yang dimaksud adalah :
1) Prinsip
pencapaian tujuan
2)
Prinsip efisiensi
3)
Prinsip administrative
4)
Prinsip kejelasan tanggung jawab
5)
Prinsip kekohesifan
a) Prinsip
Pencapaian Tujuan
Pada dasarnya manajemen perlengkapan
sekolah di lakukan dengan maksud agar semua fasilitas sekolah dalam keadaan
kondisi siap pakai. Oleh sebab itu, manajemen perlengkapan sekolah dapat di
katakan berhasil bilaman fasilitas sekolah itu selalu siap pakai setiap saat,
pada setiap seorang personel sekolah akan menggunakannya.
b) Prinsip Efisiensi
Dengan prinsip efisiensi semua kegiatan
pengadaan sarana dan prasarana sekolah di lakukan dengan perencanaan yang
hati-hati, sehingga bisa memperoleh fasilitas yang berkualitas baik dengan
harga yang relatif murah. Dengan prinsip efisiensi berarti bahwa pemakaian
semua fasilitas sekolah hendaknya dilakukan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat
mengurangi pemborosan. Maka perlengkapan sekolah hendaknya di lengkapi dengan
petunjuk teknis penggunaan dan pemeliharaannya. Petunjuk teknis tersebut di
komunikasikan kepada semua personil sekolah yang di perkirakan akan
menggunakannya. Selanjutnya, apabila dipandang perlu, dilakukan pembinaan
terhadap semua personel.
3) Prinsif administrative
Di Indonesia terdapat sejumlah peraturan
perundang-undangan yang berkenaan dengan sarana dan prarana pendidikan sebagai
contoh adalah peraturan tentang inventarisasi dan penghapusan perlengkapan
milik negara. Dengan prinsip administratif berarti semua perilaku pengelolaan
perlengkapan pendidikan di sekolah itu hendaknya selalu memperhatikan
undang-undang, peraturan, instruksi, dan pedoman yang telah di berlakukan oleh
pemerintah. Sebagai upaya penerapannya, setiap penanggung jawab pengelolaan
perlengkapan pendidikan hendaknya memahami semua peraturan perundang-undangan
tersebut dan menginformasikan kepada semua personel sekolah yang di perkirakan
akan berpartisipasi dalam pengelolaan perlengkapan pendidikan.
4) Prinsip Kejelasan Tanggung Jawab
Di Indonesia tidak sedikit adanya
kelembagaan pendidikan yang sangat besar dan maju. Oleh karena besar, sarana
dan prasarananya sangat banyak sehingga manajemennya melibatkan banyak orang.
Bilaman hal itu terjadi maka perlu adanya pengorganisasian kerja pengelolaan
perlengkapan pendidikan. Dalam pengorganisasiannya, semua tugas dan tanggung
jawab semua orang yang terlibat itu perlu di deskripsikan dengan jelas.
5) Prinsip Kekohesifan
Dengan
prinsip kekohesfan berarti manajemen perlengkapan pendidikan di sekolah
hendaknya terealisasikan dalam bentuk proses kerja sekolah yang sangat kompak.
Oleh kerena itu, walaupun semua orang yang terlibat dalam pengelolaan
perlengkapan itu telah memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing, namun
antara satu dengan yang lainnya harus selalu bekerja sama dengan baik.
Manajemen
sarana pendidikan meliputi :
a) Perencanaan pengadaan
b)
Penyimpanan
c)
Inventarisasi
d)
Penataan
e)
Pengawasan dan pengendalian
f)
Penyaluran
g)
Pemeliharaan
h)
Rehabilitasi
i)
Penghapusan
5.
Mata
Pelajaran Andalan / Unggulan
-
6.
Kesejahteraan
Guru
a. Balas
Jasa berupa insentif dengan perhitungan Rp 28.000 per jam pelajaran ditambah
dengan insentif untuk bapak / ibu guru yang memegang jabatan-jabatan tertentu.
b. Rekreasi
setiap 2 (Dua) Tahun, yang pernah dilaksanakan ke Jakarta (2 kali), Bali,
Magetan, Malang dll
c. Setiap
hari raya Idul Fitri diberikan bingkisan hari raya kepada seluruh Bapak/Ibu
guru.
d. Mengikutkan
warga sekolah ke dalam asuransi.
e. Pemberian
seragam kepada Bapak/Ibu Guru (Seragam PSH, Keki, dan Batik) dengn ongkos
jahitnya.
f. Adanya
transport kepada Bapak/Ibu Guru yang hadir pada saat Rapat Kenaikan Kelas dan
Rapat Kelulusan.
g. Diberikan
transport kepada Bapak/Ibu Guru sebagai pembimbing Prakerin.
h. Diberikan
transport kepada Bapak/Ibu Guru sebagai pendamping kunjungan industri.
7.
Bakti
Sosial
a.
Melaksanakan kerja bakti untuk
kebersihan lingkungan sekitar sekolah.
b.
Membentuk kelompok untuk melakukan
kebersihan di Masjid, Kantor-kantor yang ada di lingkungan tempat tinggal
siswa.
c. Mengumpulkan
dan membagikan sembako kepada orang yang tidak mampu yang bertempat tinggal di
sekitar sekolah dan memberikan sembako di panti asuhan-panti asuhan.
d. Membagikan
Zakat Fitrah dan daging kurban kepada orang-orang yang berha menerimanya yang
berada disekitar lingkungan sekolah dan panti asurahan-panti asuhan.
e. Ikut
serta dalam pengiriman air pada musim kemarau untuk daerah yang kekurangan air.
f. Bekerja
sama dengan PMI untuk Donor Daerah (seluruh warga sekolah yang memenuhi
syarat).
8.
Kiat
Membentuk Pencitraan Publik
a. Membangun
UKS
b. Pelayanan
kesehatan dengan perawat jaga setiap hari dan dokter jaga hari selasa dan
jum’at.
c. Membangun
Gudang
d. Membangun
Mushola
e. Membangun
Kewirausahaan
f. Meningkatkan
kualitas dan kuantitas Sarpras Pendidikan
g. Meningkatkan
kuantitas dan kualitas tenga pendidik
h. Menjalin
kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri
9.
Kiat
Implementasi Pendidikan Karakter
Implementasi pendidikan budaya dan karakter bansa di
SMK PGRI 1 Tulungagung dapat dilihat pada tabel di bawah :
NO.
|
PENDIDIKAN BUDAYA DAN
KARAKTER BANGSA
|
BENTUK KEGIATAN
|
NILAI KARAKTER
|
1.
|
Pembinaan kepada peserta didik pada keagamaan
|
a.
Pondok Ramadahan
b.
ZAkat Fitrah
c.
BTQ (baca tulis Al Qur’an)
d.
Sholat berjamaah Berjamaah
e.
Berdo’a ketika akan memulai dan mengakhiri
pelajaran
f.
Peringatan Maulid Nabi
g.
Peringatan Isro’Miroj
h.
Sholat Idul Adha
|
RELIGIUS
|
2.
|
Pembinaan kepada peserta didik dalam
kejujuran.
|
a.
Kotak Kejujuran
b.
Pengeras suara di setiap kelas
c.
Papan Pengumuman
|
KEJUJURAN
|
3.
|
Pembinaan
kepada peserta didik toleransi.
|
a.
Tata Tertib Siswa
b.
Tata Tertib Guru
c.
BKSM
d.
Keringanan SPP
e.
Peminjaman Buku (Perpus)
f.
Santunan Kepada Anak Sakit dan keluarga yang
meninggal
|
TOLERANSI
|
4.
|
Pembinaan kepada peserta didik dalam
kedisiplinan
|
a.
Daftar Hadir
b.
Jurnal Kelas
c.
Monitoring Kelas
d.
Tata Tertib Masing-masing Ruangan
e.
Moto / Semboyan
f.
Penghargaan bagi siswa yang kedisiplinan
g.
Tata Tertib Kepegawaian
h.
Buku Tata tertib peminjaman alat
i.
MOPDB
|
KEDISIPLINAN
|
5.
|
Pembinaan kepada peserta didik untuk bekerja
keras.
|
a.
Surat keterangan bebas SPP
b.
Kewirausaahaan (Penjualan Produk)
c.
Slogan / Mota Kerja Keras
d.
Standar Kompetensi Lulusan
|
KERJA KERAS
|
6.
|
Pembinaan kepada peserta didik untuk
berkreatif.
|
a.
Lomba hasta karya pemanfaatan barang limbah
b.
Lomba Mading
c.
Mengolah Limbah
d.
Lomba Kompetensi Siswa
e.
LCD / Laptop
f.
Internet
g.
HotSport Area
|
KREATIF
|
7.
|
Pembinaan kepada peserta didik untuk mandiri.
|
a.
Kartu Pembayaran
b.
Kunjungan Indusri
c.
Prakerin
d.
Uji Kompetensi
e.
Lomba Pidato
f.
Speck English Pada Saat Upacara
g.
Pramuka
|
MANDIRI
|
8.
|
Pembinaan kepada peserta didik untuk
berdemokratis.
|
a.
Pemilihan pengurus OSIS
b.
Pemilihan pengurus KOPSIS
c.
RPP
d.
Daftar Hadir Wali Murid
e.
Daftar Hadir Warga Belajar
|
DEMOKRATIS
|
9.
|
Pembinaan kepada peserta didik untuk
mempunyai rasa
ingin tahu
|
a.
Mading
b.
Internet
c.
Perpustakaan
d.
Membuat Kliping
e.
Majalah dan Koran
f.
Rapat Komite
g.
Promosi Sekolah
h.
Ulang Tahun Sekolah
|
RASA INGIN TAHU
|
10.
|
Pembinaan kepada peserta ddik untuk mempunyai
semangat kebangsaan
|
a.
Upacara Bendera
b.
Tata Tertib Sekolah
c.
Kunjungan Ketempat Bersejarah
d.
Lomba Baris berbaris
|
SEMANGAT KEBANGSAAN
|
11.
|
Pembinaan kepada peserta didik untuk cinta
tanah air
|
a.
Pidato Peringatan HUT RI
b.
Mengenal para pemimpin dan tokoh
c.
Mengenang Pahlawan Bangsa
d.
Mengenal Budaya adat istiadat daerah
e.
Upacara HU RI
f.
Lomba kegiatan HUT RI
g.
Memakai produk dalam negeri
|
CINTA TANAH AIR
|
12
|
Pembianaan peserta didik untuk lebih
berprestasi
|
a.
Adanya alamari untuk menyimpan piala prestasi
b.
Sertifikat penghargaan kepada warga sekolah
c.
Memberikan bea siswa kepada peserta didik
yang berprestasi
d.
LKS tingkat propinsi
e.
Class meeting
|
MENGHARGAI PRESTASI
|
13
|
Pembinaan kepada peserta didik untuk
bersahabat / berkomunikasi dengan orang lain
|
a.
Ruang Kelas
b.
Halaman Sekolah
c.
Lapangan Sekolah
d.
Membudayakan 5S
e.
Metode Pembelajaran yang bervariasi ; Tanya
Jawab, Diskusi, Demonstrasi dll
f.
Bimbingan Konseling
|
BERSAHABAT KOMUNIKATIF
|
14
|
Pembinaan kepada peserta didik untuk
mempunyai sikap cinta damai
|
a.
Buku ketertiban
b.
Pertemuan / rapat wali murid
c.
Buku kunjungan
d.
Tata tertib sekolah
e.
Jadwal piket kelas
f.
Jadwal Jum’at Bersih
|
CINTA DAMAI
|
15
|
Pembinaan kepada peserta didik untuk gemar
membaca
|
a.
Pembelajaran menggunakan modul
b.
Pemberian tugas kepada siswa untuk wajib
membaca buku.
c.
Buku kunjungan ke perpustakaan
d.
Ruang baca di perpustakaan.
e.
Daftar Koleksi buku
f.
Pencarian materi menggunakan internet sebagai
referensi.
|
GEMAR MEMBACA
|
16
|
Pembinaan kepada peserta didik untuk peduli
dengan lingkungan
|
a.
Menyediakan kamar mandi dan air bersih.
b.
Pelaksanaan Jum’at bersih
c.
Kebersihan kelas (piket kelas)
d.
Penanganan limbah
e.
Pembuatan kompos organic
f.
Penyediaan peralatan kebersihan
g.
Pembiasaan hemat energy.
|
PEDULI LINGKUNGAN
|
17
|
Pembinaan kepada peserta didik untuk peduli social
|
a.
Menyediakan fasilitas untuk menyumbang
b.
Kerukunan warga kelas (kas kelas)
c.
Program bantuan siswa tidak ampu oleh orang
tua / wali murid
d.
Memberikan santunan kepada panti asuhan.
e.
Bakti social
f.
Pembinaan dan penyuluhan bahaya
penyalahgunaan narkotika, psikotropika, zat adiktif (narkoba), minuman keras,
merokok, dan HIV AIDS dari BNN kabupaten Tulungagung
|
PEDULI SOSIAL
|
18
|
Pembinaan kepada peserta didik bertanggung
jawab.
|
a.
Pembuatan laporan setiap kegiatan dilakukan.
b.
Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
c.
Peran aktif dalam kegiatan sekolah
|
TANGGUNG JAWAB
|
Pada dasarnya ke-18 (delapan belas)
nilai karekter tersebut sudah dilaksanankan. Akan tetapi kedepan SMK PGRI 1
Tulungagung memrogramkan untuk peningkatan nilai karakter religius, kejujuran,
kreatifitas dan bertanggung jawab. Hal ini dilakukan dengan peningkatan sarana
prasarana pendukungnya berupa ; pembangunan mushola, pembuatan kantin
kejujuran, dan menanamkan sifat kewirausahaan pada peserta didik.
10. Kiat Penggalangan Dana Bantuan
Adanya koordinasi yang intensif dengan pihak-pihak
pemberi bantuan.
11. Pelayanan Kesehatan pada Warga Sekolah
SMK PGRI 1 Tulungagung memiliki UKS
dengan perawat jaga dalam setiap harinya (Pagi dan Siang) dan Dokter jaga
setiap hari Selasa dan Jum’at. Bagi warga sekolah ke UKS akan mendapatkan
obat-obatan dan apabila ada warga sekolah yang sakit dan memerlukan perawatan
intensif maka Dokter jaga akan merujuk ke Rumah Sakit Terdekat.
sama- sama
ReplyDeletegimana cara nya daftar pake online
ReplyDeletesemoga bermanfaat
ReplyDelete