STRUKTUR KURIKULUM
PENGERTIAN
Struktur kurikulum
menggambarkan konseptualisasi konten kurikulum dalam bentuk mata pelajaran,
posisi konten/mata pelajaran dalam kurikulum, dostribusi konten/mata pelajaran
dalam semester atau tahun, beban belajar untuk mata pelajaran dan beban belajar
per minggu untuk setiap siswa. Struktur kurikulum adalah juga merupakan
aplikasi konsep pengorganisasian konten dalam sistem belajar dan
pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran. Pengorganisasian
konten dalam sistem belajar yang digunakan adalah sistem semester sedangkan
pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran berdasarkan jam
pelajaran per semester. Struktur kurikulum juga gambaran mengenai penerapan
prinsip kurikulum mengenai posisi seorang siswa dalam menyelesaikan
pembelajaran di suatu satuan atau jenjang pendidikan. Lebih lanjut, struktur
kurikulum menggambarkan posisi belajar seorang siswa yaitu apakah mereka harus
menyelesaikan seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam struktur ataukah kurikulum
memberi kesempatan kepada siswa untuk menentukan berbagai pilihan.
Struktur kurikulum
pendidikan menengah terdiri atas sejumlah mata pelajaran, beban belajar, dan
kalender pendidikan. Mata pelajaran terdiri atas: - Mata pelajaran wajib
diikuti oleh seluruh peserta didik di satu satuan pendidikan pada setiap satuan
atau jenjang pendidikan - Mata pelajaran pilihan yang diikuti oleh peserta
didik sesuai dengan pilihan mereka. Mata pelajaran wajib merupakan mata
pelajaran yang harus diambil oleh setiap peserta didik di SMA/MA dan SMK/MAK.
Sedangkan mata pelajaran pilihan untuk SMA/MA berbeda dengan untuk SMK/MAK.
Untuk SMA/MA mata pelajaran pilihan bersifat akademik, sedangkan SMK/MAK mata
pelajaran pilihan bersifat akademik dan vokasi.
Kelompok Mata Pelajaran Wajib
Kelompok Mata Pelajaran Wajib merupakan
bagian dari kurikulum pendidikan menengah yang bertujuan untuk memberikan
pengetahuan tentang bangsa, bahasa, sikap sebagai bangsa, dan kemampuan penting
untuk mengembangkan logika dan kehidupan pribadi peserta didik, masyarakat dan
bangsa, pengenalan lingkungan fisik dan alam, kebugaran jasmani, serta seni
budaya daerah dan nasional.
MATA PELAJARAN
|
KELAS
|
||||||
X
|
XI
|
XII
|
|||||
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
||
Kelompok
A (Wajib)
|
|||||||
1
|
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
5
|
Sejarah Indonesia
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
6
|
Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
Kelompok
B (Wajib)
|
|||||||
1
|
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
Prakarya dan Kewirausahaan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
Pendidikan Jasmani, Olah Raga &
Kesehatan
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
Drs. Dwi Handoko |
Comments
Post a Comment